Bimtek Pelayanan Prima

Rabu, 17 Mei 2017

BANGUN IMAGE KEPADA WAJIB PAJAK

   

Mungkin tak ada satupun di antara kita yang tidak pernah mendengar atau membaca, bahwa pelanggan adalah raja. Jargon menjadikan pelanggan bak raja begitu kerap terdengar dimana-mana. Tetapi dalam praktik dan realitanya, tak mudah memperlakukan pelanggan bagai raja. Apalagi di birokrasi yang masih anyir bau priyayi.

Dia era reformasi birokrasi pelayanan kepada masyarakat menjadi keharusan. Apalagi pelayanan terhadap wajib pajak (WP). Karyawan–karyawati Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali yang kinerjanya selalu berhubungan dengan wajib pajak, sejatinya telah  didoktrin untuk bekerja sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ada. Di antaranya memperlakukan WP ibarat raja dengan memberikan pelayanan dan penghargaan lebih.

Ini dimaksudkan agar wajib pajak secara iklas melakukan kewajibannya membayar pajak. Memang bukan perkara mudah membangun image agar wajib pajak bersedia menunaikan kewajibannya membayar pajak khususnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tepat waktu.

Dalam terus membangun citra pelayanan positip ini, Bapenda Bali baru-baru ini mengadakan Bimtek Upaya Peningkatan Pelayanan Publik dengan mendatangkan trainer-trainer terbaik untuk mencetak pelayan pajak berkualitas prima, sehingga dapat mengangkat image Bapenda Provinsi Bali.

Upaya membangun image ini dipelopori oleh Sub Bidang Umum dan Kepegawaian. Kegiatan  berlangsung satu hari dan diikuti oleh masing-masing 5 orang pegawai dan tenaga kontrak UPT pelayanan se-Bali.

Sekretaris Badan Pendapatan Provinsi Bali I Gusti Agung Ngurah Suparta, SE.,M.Si mewakili Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali saat membuka Bimtek mengungkapkan rasa optimismenya dengan adanya bimtek tentang pelayanan prima tersebut. Ia optimis ke depan akan menghasilkan pelayan-pelayan yang berdedikasi tinggi.

Menurut Ngurah Suparta, betapa pentingnya memberikan pelayanan prima kepada wajib pajak, karena akan menjadi cermin dalam mencapai suatu kepercayaan terhadap pelanggan. “Keberhasilan dalam membangun image ini tidak terlepas dari kemauan yang kuat dari diri kita sendiri sebagai pelayan masyarakat,” motivasi Suparta. (aditara)