MELONGOK SAMLING DAN SIM KELILING DI DESA PEJENG TENGAH

Selasa, 02 Mei 2017

RIUH suasana Pasar Pejeng sontak terhenti sesaat, ketika mobil pelayanan samsat keliling (Samling) dan mobil pelayanan SIM keliling memasuki area pasar. Ada masyarakat yang segera merogoh saku mengambil handphone hendak memberitahukan sanak keluarganya akan kedatangan mobil samsat keliling dan juga mobil pelayanan surat izin mengemudi (SIM) di tempat. Banyak yang sudah mengetahui informasi, dan bergegas menuju kedua unit mobil mengambil posisi.

Hari itu mobil samsat keliling dan mobil layanan SIM Bapenda Provinsi Bali selama satu hari memang memberikan layanan guna “memanjakan” wajib pajak dan masyarakat Pejeng, Gianyar, dan sekitarnya.

Tak lama setelah kedua unit mobil mengambil posisi di depan Pura Penataran Sasih, Desa Pejeng Tengah Kecamatan Tampak Siring, masyarakatpun berdatangan. Satu per satu mereka yang hendak membayar pajak kendaraan bermotor dan hendak mengurus SIM baru ataupun perpanjangan, dilayani petugas.

Kesan positip terbaca dari masyarakat terhadap kehadiran mobil SIM keliling dan mobil Samsat keliling tersebut. Terbukti dengan banyaknya masyarakat datang untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) berikut masyarakat setempat yang belum memiliki SIM ataupun memperpanjang SIM.

Terobosan yang dilakukan oleh Bapenda Provinsi Bali ini  tiada lain untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat dalam medapatkan pelayanan PKB dan SIM. (sudarka)