Tugas Pokok dan Fungsi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali

Selasa, 10 Oktober 2017

Tugas Pokok Dan Fungsi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali

Tugas Pokok:

Sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 10Tahun 2016Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah serta berdasarkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali, disebutkan bahwa Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali mempunyai tugas pokok”melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah provinsi di bidang keuangan sub pengelolaan pendapatan, serta melaksanakan tugas dekonsentrasi sampai dengan dibentuk Sekretariat Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat dan melaksanakan tugas pembantuan sesuai bidang tugasnya”.

Fungsi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali :

Untuk melaksanakan tugas tersebut Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali mempunyai fungsi :

1.  Penyusunan kebijakan teknis lingkup bidang keuangan sub bidang pengelolaan pendapatan.

2.  Pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang keuangan sub bidang pengelolaan pendapatan.

3.  Pemetaan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang keuangan sub bidang pengelolaan pendapatan.

4.  Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan Pemerintahan Daerah bidang keuangan sub bidang pengelolaan pendapatan dan

5.  Penyelenggaraan fungsi lain yang diberikan oleh Gubernur terkait dengan tugas dan fungsinya.

Memperhatikan tugas pokok dan fungsi tersebut diatas, Badan Pendapatan memiliki peranan penting dan strategis untuk meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Bali. Oleh karena itu perlu didukung dengan aparatur pemerintah yang memiliki kemampuan profesionalisme, pandangan jauh kedepan dan memiliki komitmen tinggi sesuai dengan tuntutan dan tingkat perubahan masyarakat, disamping dukungan sarana prasarana yang memadai guna mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance).