Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Pendapatan

Kamis, 28 Oktober 2010

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok :
Sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 2 tahun 2008 dan Keputusan Gubernur Bali Nomor 45 Tahun 2008, Dinas Pendapatan Provinsi Bali mempunyai tugas pokok ”Membantu Gubernur dalam melaksanakan sebagian urusan Rumah Tangga Daerah, Tugas Dekonsentrasi dan Pembantuan di bidang Pendapatan”.
 
Fungsi :
Ø    Perumusan Kebijakan Teknis di bidang pendapatan.
Ø    Penyelenggaraan urusan Pemerintahan dan pelayanan di bidang pendapatan.
Ø    Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pendapatan.
Ø    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai tugas dan fungsi.
 
1.            Kepala Dinas Mempunyai Tugas :
  • Mengkoordinasikan penyusunan Program Dinas dan merumuskan kebijakan teknis dibidang pendapatan.
  • Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidangnya.
  • Memberi arahan dan pembinaan kepada bawahan.
  • Menilai hasil kerja bawahan.
  • Mengkoordinasikan kegiatan pemungutan pendapatan dengan Instansi/Lembaga terkait.
  • Melakukan pengawasan dan evaluasi atas pelaksanaan kegiatan dan pelaksanaan pemungutan pendapatan daerah.
  • Memonitor perkembangan penerimaan pendapatan daerah.
  • Menyiapkan bahan – bahan penyusunan APBD dibidang pendapatan daerah.
  • Memberi usul saran dan pertimbangan kepada Gubernur tentang langkah-langkah dalam pelaksanaan tugas.
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.
 2.     Sekretaris mempunyai tugas :
  • Membuat rencana kegiatan kesekretariatan.
  • Mengkoordinasikan para Kepala Sub Bagian dalam pelaksanaan tugas.
  • Memberi petunjuk kepada para Kepala Sub Bagian dan bawahan.
  • Menilai hasil kerja para Kepala Sub Bagian dan bawahan.
  • Melaksanakan urusan rumah tangga dan urusan perlengkapan.
  • Melaksanakan kegiatan urusan umum, kepegawaian, keuangan dan penyusunan program.
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan penatausahaan keuangan.
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas Pendapatan.
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.
 2.a. Sub Bagian Umum mempunyai tugas :
  • Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum.
  • Memberikan petunjuk kepada bawahan.
  • Menilai hasil kerja bawahan.
  • Menata arus barang dan menyiapkan bahan usulan penghapusan barang.
  • Menyusun rencana kebutuhan rumah tangga, barang bergerak dan tidak bergerak.
  • Menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan kantor serta memelihara sarana prasarana.
  • Menyelenggarakan urusan surat menyurat.
  • Menyelenggarakan urusan keprotokolan.
  • Melaporkan hasil pelaksanakan tugas kepada atasan.
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan
 2.b. Sub Bagian Kepegawaian mempunyai tugas :
  • Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Kepegawaian.
  • Memberi petunjuk kepada bawahan.
  • Menilai hasil kerja bawahan.
  • Membuat konsep usul pengangkatan, pemberhentian, mutasi, kenaikan pangkat, gaji berkala, penghargaan dan usul kepegawaian lainnya.
  • Membuat, menghimpun dan memelihara DUK (Daftar Urut Kepangkatan).
  • Membuat rekapitulasi dan melaporkan absensi kepegawaian secara periodik.
  • Menata dan menyimpan berkas kepegawaian.
  • Menyiapkan bahan kajian dan analisis organisasi dan ketatalaksanaan, analisis jabatan dan pengukuran beban kerja.
  • Melaksanakan kegiatan kehumasan dan pengelolaan perpustakaan.
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Baca selengkapnya>